BLHD dan kodim siapkan ende hadapai ADIPURA

Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD), Kantor Pertanaman Kota (KPK) dan Komando Distrik Militer (Kodim) 1602 Ende secara bersama mempersiapkan Kota Ende menghadapi even penilaian sebagai kota yang akan mendapatkan penghargaan Adipura.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Muslim Rauf yang ditemui di sela-sela pembersihan sampah di taman Kota Ende mengatakan, dalam rangka memperoleh Adipura, BLHD bergandengan tangan dengan KPK dan anggota TNI dari Kodim untuk ciptakan kota Ende yang bersih dan rindang. Untuk mewujudkan Kota Ende yang bersih dan rindang ini, lanjut Rauf, BLHD telah membina sejumlah kelompok pencinta alam sebagai motivator di lapangan. Mereka diberikan pengetahuan dan keterampilan tentang bagaimana menciptakan lingkungan yang bersih dan rindang.

Menurut Rauf, Kegiatan yang telah dilakukan oleh kelompok pencinta lingkungan ini adalah penanaman pohon di sepanjang Pantai Ende, untuk mencegah abrasi, membersihkan sampah dan memberikan penyadaran kepada masyarakat mulai dari rumah tangga tentang kesadaran membuang sampah pada tempatnya. “ Kelompok pencinta alam binaan BLHD mendapatkan aneka anakan pohon untuk ditanam baik di pesisir maupun di daerah mata air dan lahan kritis lainnya di Kabupaten Ende, “ kata Rauf.

Lebih lanjut Rauf mengatakan, beberapa waktu lalu, Kodim 1602 Ende menyerahkan 800-an anak pohon untuk ditanam di sejumlah paroki di wilayah Keuskupan Agung Ende. Hal ini merupakan salah satu bentuk menyukseskan program semiliar pohon yang dicanangkan Presiden Susilo Bambang Yudoyono 28 November 2011 silam. Sementara kelompok pencinta alam OMK Paroki Katedral mendapatkan anakan pohon untuk ditanam di sejumlah sumber mata air di Kabupaten Ende. Diharapkan dari berbagai upaya pembersihan kota dan penanaman pohon ini, linkungan akan semakin terjaga dengan baik., dalam menghadapi berbagai fenomena lalam yang saat ini semakin ekstrim.

Muslim Rauf menambahkan, untuk menjadikan Kota Ende, bersih dan rindang, pihaknya bersama KPK akan kembali menggalakkan Jumat Bersih di masing-masing instansi Setda Ende. Menurut Rauf, tentang Jumat Bersih ini sudah tertuang dalam surat keputusan (SK) Bupati Ende. Dalam SK tersebut sudah diatur wilayah kerja untuk setiap SKPD. “Kami akan berkoordinasi dengan berbagai pihak agar Jumat bersih ini kembali dihidupkan. Setiap SKPD sudah memiliki wilayah kerjanya masing-masing. Dengan demikian, kota Ende, setiap hari Jumat akan dikepung dari berbagai sudut. Dalam kegiatan ini sangat diharapkan keterlibatan masyarakat umum, terutama yang ada di wilayah 4 kecamatan dalam kota,”kata Rauf.(adm,pt)

Komentar

sewa mobil mengatakan…
horee.. ada internet gratis..
iklan baris tanpa daftar mengatakan…
akhirnya ada internet gratis juga.. sayangnya saya sudah bukan pelajar lagi..