KOTA ENDE DAN PASARNYA


hari hari ku sebagai reporter magang di RRI ende terasa sangat menyenangkan. ya, ya ya, hal yang paling disenangi kita selama dalam hidup adalah bagaimana apa yang kita sukai dan kita cintai di salurkan, mulai dari bercengkrama dengan orang baru, mengulik berita, mencari fakta, dan mulai mempublikasikan adalah cara yang indah bagiku, namaku kharisma agung orang biasa memanggil ku kharisma, saat kecil aku sudah di biasakan untuk bercerita, dan selalu mengespresikan apa yang aku suka. dari kecil yang aku sukai adalah bagaimana menjadi seorang pembicara dan seorang presenter hebat, tidak heran kan kalau sudah hampir 7 tahun terakhir ini saya bergelut di dunia broadcasting
dunia yang sudah membesarkan namaku ini akan selalu ku kenang. yah sebagai seorang reporter saya pun di tuntut untuk selalu bisa terdepan dan selalu kritis terhadapa masalah yang ada, mengumpulkan data, mencari narasumber dan menyiarkannya adalah tugas saya, ya saya sebagai reporter radio pasar rri ende mulai menyusuri pasar pasar yang ada di ende
  • alhamdulilah sudah 27 tahun saya berada di ende, mulai nampak banyaknya perubahan yang ada di pasar pasar ende. perubahan seperti:cara mereka (penjual) melayani para pembeli dengan ramah, memang orang ende di kenal ramah dan sopan, tidak heran selalu kita akan di tegur dengan dialek khas ende, oeeeee mai si mbeta uta ndia( ayo kesini beli sayur) memang kedengaranya klise tapi satu cara ini para pedagang sudah berhasil menarik hati para pembeli
  • orang ende sekarang sudah bisa memanfaatkan teknologi seperti handphone pintar untuk menjual daganganya, sayur, ikan, dan komuditi pun di posting ke berbagi medsos untuk menarik para pembeli untuk berkunjung ke usaha mereka
  • dari ende sendiri terdapat 3 pasar, pasar tradisional mbongawani, pasar wolowona dan pasar malam yang beroperasi dari siang hari hingga malam hari
  • ke tiga pasar ini memiliki ciri dan keunikan masing masing
  • informasinya dapat di lihat ya di video yang saya bagikan
intyinya guys mau berkunjung ke ende,jangan lupa kunjungi pasar pasar yang ada di ende, walaupun perubahan bagi kalian belumlah seperti yang kalian bayangkan, saya sebagai orang ende aslipun merasakan kenikmatan dan keyamanan ketika berbelanja
kata kata yang oke ni, hai anak muda cintai budayamu cintai daerahmu, cintai negerimu
sebagai anak muda saatnya kita yamg mulai bersama memikirkan akan kemana tempat yang kita cintai ini


kharima Agung, S.S.


Komentar