bupati ende MENYIAPKAN INTERNET GRATIS UNTUK PELAJAR

Bupati Ende, Drs. Don Bosco M Wangge, M.Si kembali menegaskan tekadnya membuka akses internet gratis di Kota Ende dalam tahun 2012 mendatang. Menurut Bupati Don, internet gratis yang disiapkan pemerintah tersebut untuk membantu para pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum. Fasilitas internet gratis atau hot-spot di sepuluh titik dalam Kota Ende itu pada tahap awal akan difokuskan di dalam Kota Ende. Demikian dikatakan Bupati Don kepada wartawan di Kantor Bupati Ende, Kamis (08/12).

Bupati Don mengatakan, dengan fasilitas internet gratis diharapkan tumbuh kemauan para pelajar maupun pendidik untuk menambah pengetahuan mereka. Akses internet gratis membantu pelajar mencari dan mengumpulkan informasi yang berguna untuk kegiatan belajar mereka. Bagi para pengajar, kebutuhan menyiapkan bahan ajar tidak lagi mengandalkan buku teks semata. Mereka bisa mendapatkan materi melalui situs pendidikan.

Menurut Bupati Don, beberapa titik dalam Kota Ende yang akan dibuka hot-spot antara lain, Kawasan Taman Kota, SMAN 1 Ende, Universitas Flores, SMEA Negeri dan lokasi lain yang ramai dikunjungi pelajar. Guna mencegah pelajar mengakses situs porno, tegas Bupati Don, secara teknis akan diatur agar anak-anak itu hanya mengakses infornasi yang berguna untuk kebutuhan belajar mereka. Situs-situs negatif akan diblokir.

Rencana pemerintah membuka hot-spot gratis, sebelumnya disampaikan Bupati Don dalam acara wisuda sarjana STPM St Ursula Ende, Sabtu (26/11) yang lalu. “ Ide ini sudah saya rencanakan sejak masih menjabat sebagai kepala dinas PPO. Namun sekarang setelah menjadi bupati baru akan direalisasikan. Saya harapkan agar ada dukungan dari bapak dan ibu anggota Dewan sehingga tahun depan segera terealisasikan, katanya saat itu, “ kata Bupati Don.

Buapti Don mengakui, meski bisnis internet sangat menjamur di Kota Ende, namun masih banyak warga Ende yang gagap terhadap IT. Menurut Bupati Don, dengan hot-spot gratis diharapkan semua kelompok masyarakat dapat mengikuti perkembangan globalisasi dengan cepat dan gratis. Bagi Bupati Don, membaca adalah kebutuhan yang tidak bisa diabaikan. Bupati Don berharap, dengan pemasangan hot-spot gratis ini, minat baca masyarakat dapat ditingkatkan. “ Berhenti membaca sama dengan melestarikan kebodohan. Berhenti sekolah sama saja melestarikan kemiskinan. Mudah-mudahan dengan hot-spot gratis ini semangat dan minat masyarakat untuk membaca dapat meningkat. Mari kita sama-sama saling mendukung agar bisa terealisasi, ” kata Bupati Don.(

Komentar